Materi PAI Kelas X tentang Sejarah masuknya Islam di Indonesia

 


Sejak kedatangannya di Indonesia, Islam telah banyak mewarnai aspek kehidupan masyarakat, baik secara ideologi, sosial, budaya, pendidikan, ekonomi dan politik. Hal inilah yang menjadi dasar dari berkembangnya Islam di bumi nusantara. Perkembangan ini pula tidak terlepas dari kontribusi para ulama yang datangnya dari berbagai negeri, seperti Arab, Persia, Irak, Gujarat, Benggala, Sri Langka dan negeri yang lainnya.

Perdagangan merupakan salah satu sarana yang menjadi cara paling efektif dalam berdakwah kepada masyarakat, bahkan penguasa memberikan fasilitas berupa perkampungan Pakajan dan menjadi kampung yang dikhususkan untuk para pedagang muslim. Dalam mengajak untuk masuk Islam selaras dengan yang diajarkan dalam A-Qur’an berikut ini:

ٱدۡعُ إِلَىٰ سَبِيلِ رَبِّكَ بِٱلۡحِكۡمَةِ وَٱلۡمَوۡعِظَةِ ٱلۡحَسَنَةِۖ وَجَٰدِلۡهُم بِٱلَّتِي هِيَ أَحۡسَنُۚ إِنَّ رَبَّكَ هُوَ أَعۡلَمُ بِمَن ضَلَّ عَن سَبِيلِهِۦ وَهُوَ أَعۡلَمُ بِٱلۡمُهۡتَدِينَ ١٢٥

Artinya: Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk. (Q.S. An Nahl/16: 125).

Dalam proses penyebaran Islam ditandai oleh berbagai macam teori tentang masuknya Islam dan strategi yang mendukung terhadap lancarnya penyebaran Islam. Hal ini bisa dilihat dari rinciannya berikut ini:

1.      Masuknya Islam di Indonesia

Proses masuknya Islam ke Indonesia tidak terlepas dari lima teori besar yang terkait dengan datangnya, para pembawanya, dan waktu kedatangannya.

a.       Teori Gujarat

Teori Gujarat ini berawal dari peran datangnya para pedagang muslim dari India sekitar abad ke-13

b.      Teori Arab

Teori ini dikemukakan oleh Prof. Dr. Hamka yang dilandasi oleh datangnya para pedagang Arab muslim sekitar abad ke-7

c.       Teori Persia

Menurut teori ini, Islam baru masuk ke Indonesia sekitar abad ke-13 M, melalui peran pedagang dari Persia yang dalam perjaanannya sebelum ke Indonesia singgah terlebih dahulu ke Gujarat.

d.      Teori Tiongkok

Islam datang ke Indonesia, menurut teori ini dibawa oleh pedagang-pedagang muslim dari Tiongkok pada abad ke 7-8 Masehi.

e.       Teori Turki

Teori ini dikemukakan oleh Martin van Brunessan yang menyebutkan orang Indonesia menerima ajaran-ajaran Islam yang datanngya dari Kurdi dan Turki, selain dari orang Arab dan Tiongkok.

 

2.      Strategi penyebaran Islam di Indonesia

Jalur dan strategi dalam menyebarkan Islam ke Indonesia tidak terlepas dari hal-hal berikut ini:

a.       Jalur perdagangan

Strategi dakwah Islam ke Indonesia melalui jalur perdagangan ini sudah dilakukan oleh para dai atau mubalig sejak abad ke-7 Masehi.

b.      Jalur pernikahan

Proses islamisasi (mengislamkan) yang dihasilkan melalui pernikahan memiliki pengaruh yang lebih besar seperti bangsawan dan penguasa.

c.       Jalur pendidikan

Rintisan pendirian pesantren merupakan cikal bakal dari lahirnya para dai dalam menyebarkan Islam. Strategi ini bisa dilihat dari proses pendidikan di dalamnya, ketika para santri sedang menimba ilmu kepada kiai dan ulama.

d.      Jalur kesenian

Bidang kesenian yang digarap sebagai strategi dakwah, antara lain: seni wayang, seni bangunan, seni pahat, seni tari, seni musik, dan seni sastra.

e.       Jalur politik

Strategi politik menjadi modal besar bagi penguasa yang masuk Islam, dengan memanfaatkan kekuasaannya untuk mempengaruhi rakyat  yang berada di bawah kekuasaannya.

f.       Jalur tasawuf

Masyarakat yang telah memiliki dasar-dasar ketuhanan yang benar, mudah menerima Islam melalui tasawuf, dengan senantiasa mendekatkan diri kepada Allah Swt. melalui penyucian diri.

Setelah membaca dan memahami materi di atas, maka untuk menilai kemampuan siswa adalah menjawab soal analisis berikut ini:

Tuliskan pendapat mengenai strategi penyebaran Islam yang memiliki pengaruh paling besar di Indonesia  beserta alasannya

Selamat belajar!

 

Comments

Popular posts from this blog

Peran Syu’abul Iman Dalam Menata Kehidupan

Materi PAI Kelas VII tentang Hukum Bacaan Gunnah Dalam Q.S. al-Anbiya’/21: 30 dan Q.S. al-A’raf/7: 54

Materi PAI Kelas XI tentang Konsep Dasar Khutbah, Tabligh dan Dakwah